SATUAN ACARA PERKULIAHAN (S.A.P)
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
Univet Bantara Sukoharjo
Mata Kuliah : Pemasaran Sosial
Bobot Kredit : 2 SKS
Tatap Muka Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Tujuan Instruksional Umum (T.I.U) Tujuan Instruksional Khusus (T.I.K) Sumber/ Literatur Bentuk Tatap Muka Media Tugas Evaluasi
I Pendahuluan • Penjelasan silabus, proses perkuliahan dan cara penilaian Mahasiswa dapat memahami penjelasan silabus, proses perkuliahan dan cara penilaian. Mahasiswa dapat menhelaskan :
• Penjelasan silabus, proses perkuliahan dan cara penilaian 1, 2,3 Kuliah, diskusi White board dan OHP, LCD Tugas makalah Presentasi kehadiaran
UTS
UAS
II Konsep dasar Pemasaran Sosial • Masalah Pemaaran Sosial dan kemersial marketing Mahasiswa dapat memahami Masalah pemasaran sosial Mahasiswa dapat menhelaskan :
• Masalah pemasaran sosial dengan komersial marketing Idem Kuliah, diskusi White board dan OHP, LCD Pekerjaan rumah Pekerjaan rumah
UTS
UAS
III Menejemen marketing • Penilaian konsep produksi, konsep produk Mahasiswa dapat memahami berbagai konsep pemasaran Mahasiswa dapat menjelaskan :
.menejemen pamasaran sosial Idem Idem Idem Idem Idem
IV • Penilaian konsep penjualan dan konsep pemasaran Sosial
Mahasiswa dapat memahami
Konsep penjualan dan pemasaran sosial Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Penilaian Konsep penjualan dan pemasaran sosial Idem Idem Idem Idem Idem
V Proses Manajemen • Analisis Kesempatan Pasar Mahasiswa dapat memahami Kemepatan Pasar Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Analisis Kesempatan pasar Idem Idem Idem Idem Idem
VI • Proses Keputusan Membeli Mahasiswa dapat memahami proses keputusan membeli Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Perilaku pengambilan keputusan konsumen / pasien Idem Idem Idem Idem Idem
VII Target Marketing • Berbagai langkah pemasaran Mahasiswa dapat memahami Langkah-langkah dalam pemasaran Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Langkah Pemasaran sosial
• Segmentasi dan pentargetan pasar
• Produk, Merk dan Kemasar Idem Idem Idem Idem Idem
VIII UJIAN MID SEMESTER
IX Penetapan Harga Pasar • Prosedur penetapan harga pasar Mahasiswa dapat memahami bagaimana harga pasar berlangsung dan proses penetapan harga Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Berlangsungnya harga pasar dan penetapan harga Idem Idem Idem Idem Idem
X • Strategi Penetapan harga Mahasiswa dapat memahami berbagai strategi dan taktik dalam menetapkan harga Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Berbagai strategi penetapan harga Idem Idem Idem Idem Idem
XI Proses Pemasaran Sosial • Proses pemasaran sosial berlangsung Mahasiswa dapat memahami proses pemasaran sosial Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Proses pemasaran sosial Idem Idem Idem Idem Idem
XII • Program, pelaksanaan dan evaluasi Mahasiswa dapat memahami program, pelaksanaan dan evaluasi pemasaran sosial Mahasiswa dapat memahami :
• Program, pelaksanaan dan evaluasi pemasaran sosial Idem Idem Idem Idem Idem
XIII Pola Pikir Pemasaran sosial • Fokus ke pelanggan Mahasiswa dapat memahami berbagai prinsip pemasaran sosial Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Prinsip-prinsip pemasaran sosial Idem Idem Idem Idem Idem
XIV • Segmentasi pemasaran sosial Mahasiswa dapat memahami bagaimana mensegmentasikan pemasaran sosial Mahasiswa dapat menjelaskan :
• Segementasi pemasaran soaial Idem Idem Idem Idem Idem
XV Review • Mengulang secara singkat semua materi Mahasiswa dapat memahami semua materi Mahasiswa dapat menjelaskan semua mater Idem Idem Idem Idem Idem
XVI UJIAN AKHIR SEMESTER
Literatur :
1. Boy S. Sabarguna, Pemasaran Rumah Sakit,Yogyakarta, Konsursium RS Isalam Jateng DIY, 2004.
2. Kotler, Philp, Marketing Jilid I dan II Jakarta Penerbit Erlangga. 1987
3. Kotler, Philp dan Nancy Lee, Pemasaran Sektor Publik, Indjonesia, PT Macanan Jaya Cemerlang, 2007
4. Kotler, Philip dan Nancy Lee, Pemasaran Sosial Sektor Publik, Indonesia, PT Indeks. 2007.
5. Ova Emilia, Promkes Dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi, Jkt, Pustaka Cendekia Press, 2008
6. Tjandra Yoga Aditama, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Jkt, UI Press, 2006
7. Soekidjo Notoatmodjo, Penidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2003
8. Buku-buku lain yang relevan
Dosen Pengampu,
SUTARMO,SE,MPD
A. Tujuan Instruksional Umum
Setelah mempelajari dan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami, menjelaskan dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pemasaran social, strategi pemasaran, segmentasi pasar, perilaku konsumen, aspek komunikasi dalam pemasaran dan rieset pemasaran. Penerapan pendekatan pmasaran dalam bidang kesehatan dan keluarga berencana di lingkuangannya dalam rangka meningkatkan kinerja sektor publik.
B. Tujuan Instruksional Khusus
1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemasaran dan pemasaran sosial. Untuk memenuhi tujuan instrusional khusus ini, maka pokok bahasan dan sub pokok bahasannya meliputi :
1.1. Aspek pemasaran dengan sub pokok bahasan tentang pengertian pemasaran, pemasaran dan pemasaran social.
1.2. Prinsip-prinsip pemasaran social : Konsep Produksi, konsep produk, konsep penjualan dan konsep pemasaran
1.3. Manajemen Pemasaran : Menganalisis kesempatan pasar, memilih pasar, mengembangkan baruan pemasaran, dan mengelola usaha pemasaran
2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang peningkatan konsep kinerja sector public : Apa yang diinginkan masyarakat terhadap sector public, peran pemasaran sosial
2.1. Memahami Pola piker pemasaran : Fokus yang terpusat pada pelanggan, segmentasi pasar, identifikasi pesaing, alat pemasaran, memantau pemasaran
2.2. Menerapkan alat pemasaran : produk, harga, tempat, Promosi.
2.3. Meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan : Pelayanan pelanggan, manfaat kepuasan pelanggan, praktek mendukung kepuasan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar