Selasa, 13 Maret 2012

Pemasaran Sosial Kesehatan

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (S.A.P)
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
Univet Bantara Sukoharjo

Mata Kuliah    : Pemasaran Sosial
Bobot Kredit    : 2 SKS

Tatap Muka    Pokok Bahasan    Sub Pokok Bahasan    Tujuan Instruksional Umum (T.I.U)    Tujuan Instruksional Khusus (T.I.K)    Sumber/ Literatur    Bentuk Tatap Muka    Media     Tugas     Evaluasi
I     Pendahuluan     •    Penjelasan silabus, proses perkuliahan dan cara penilaian     Mahasiswa dapat memahami penjelasan silabus, proses perkuliahan dan cara penilaian.    Mahasiswa dapat menhelaskan :
•    Penjelasan silabus, proses perkuliahan dan cara penilaian    1, 2,3    Kuliah, diskusi    White board dan OHP, LCD    Tugas makalah    Presentasi kehadiaran
UTS
UAS
II    Konsep dasar Pemasaran Sosial    •    Masalah Pemaaran Sosial dan kemersial marketing    Mahasiswa dapat memahami Masalah pemasaran sosial    Mahasiswa dapat menhelaskan :
•    Masalah  pemasaran sosial dengan komersial marketing    Idem     Kuliah, diskusi    White board dan OHP, LCD    Pekerjaan rumah    Pekerjaan rumah
UTS
UAS
III    Menejemen marketing    •    Penilaian  konsep produksi,  konsep produk    Mahasiswa dapat memahami  berbagai konsep  pemasaran     Mahasiswa dapat menjelaskan :
 .menejemen pamasaran sosial     Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
IV        •    Penilaian konsep penjualan dan konsep pemasaran  Sosial
    Mahasiswa dapat memahami
Konsep penjualan dan pemasaran sosial    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Penilaian Konsep penjualan dan pemasaran sosial    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
V    Proses Manajemen    •    Analisis Kesempatan Pasar      Mahasiswa dapat memahami  Kemepatan Pasar      Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Analisis Kesempatan pasar     Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
VI        •    Proses Keputusan Membeli       Mahasiswa dapat memahami  proses keputusan membeli       Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Perilaku pengambilan keputusan konsumen / pasien    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
VII    Target Marketing    •    Berbagai langkah pemasaran    Mahasiswa dapat memahami Langkah-langkah dalam pemasaran    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Langkah Pemasaran sosial
•    Segmentasi dan pentargetan pasar
•    Produk, Merk dan Kemasar    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
VIII    UJIAN MID SEMESTER
IX    Penetapan Harga Pasar    •    Prosedur penetapan harga pasar    Mahasiswa dapat memahami bagaimana  harga pasar berlangsung dan  proses penetapan harga    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Berlangsungnya harga pasar dan penetapan harga    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
X        •    Strategi Penetapan harga     Mahasiswa dapat memahami  berbagai strategi dan taktik dalam menetapkan harga    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Berbagai strategi penetapan harga     Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
XI    Proses Pemasaran  Sosial    •    Proses pemasaran sosial berlangsung    Mahasiswa dapat memahami  proses pemasaran sosial    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Proses pemasaran sosial    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
XII        •    Program, pelaksanaan dan evaluasi    Mahasiswa dapat memahami  program, pelaksanaan dan evaluasi pemasaran sosial    Mahasiswa dapat memahami :
•    Program, pelaksanaan dan evaluasi pemasaran sosial    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
XIII    Pola Pikir Pemasaran sosial    •    Fokus ke pelanggan    Mahasiswa dapat memahami berbagai prinsip pemasaran sosial    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Prinsip-prinsip pemasaran sosial     Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
XIV        •    Segmentasi pemasaran sosial    Mahasiswa dapat memahami  bagaimana mensegmentasikan pemasaran sosial    Mahasiswa dapat menjelaskan :
•    Segementasi pemasaran soaial    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
XV    Review    •    Mengulang secara singkat semua materi    Mahasiswa dapat memahami semua materi    Mahasiswa dapat menjelaskan semua mater    Idem     Idem     Idem     Idem     Idem
XVI    UJIAN AKHIR SEMESTER

Literatur :
1.    Boy S. Sabarguna,  Pemasaran Rumah Sakit,Yogyakarta,  Konsursium RS Isalam Jateng DIY, 2004.
2.    Kotler, Philp,  Marketing Jilid I dan II Jakarta Penerbit Erlangga. 1987
3.    Kotler, Philp dan Nancy Lee,  Pemasaran Sektor Publik, Indjonesia, PT Macanan Jaya Cemerlang, 2007
4.    Kotler, Philip dan Nancy Lee, Pemasaran Sosial Sektor Publik, Indonesia, PT Indeks. 2007.
5.    Ova Emilia, Promkes Dalam Lingkup Kesehatan Reproduksi, Jkt, Pustaka Cendekia Press, 2008
6.    Tjandra Yoga Aditama, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Jkt, UI Press, 2006
7.    Soekidjo Notoatmodjo, Penidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta, PT Rineka Cipta, 2003
8.    Buku-buku lain yang relevan

                                                                                                                                                                                        Dosen Pengampu,




                                                             SUTARMO,SE,MPD






A. Tujuan Instruksional  Umum
     Setelah mempelajari dan mengikuti mata kuliah ini  mahasiswa diharapkan dapat memahami, menjelaskan dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pemasaran  social, strategi pemasaran, segmentasi pasar, perilaku konsumen, aspek komunikasi dalam pemasaran dan rieset pemasaran. Penerapan pendekatan pmasaran dalam bidang kesehatan dan keluarga berencana di lingkuangannya dalam rangka meningkatkan kinerja sektor publik.

B. Tujuan Instruksional Khusus
1.  Mahasiswa mampu menjelaskan tentang pemasaran dan pemasaran sosial. Untuk memenuhi tujuan instrusional khusus ini, maka pokok bahasan dan sub pokok bahasannya meliputi :
1.1.    Aspek pemasaran dengan sub pokok  bahasan tentang pengertian pemasaran,  pemasaran  dan pemasaran social.
1.2.    Prinsip-prinsip pemasaran social :  Konsep Produksi, konsep produk, konsep penjualan dan konsep pemasaran
1.3.    Manajemen Pemasaran : Menganalisis kesempatan pasar, memilih pasar, mengembangkan baruan pemasaran, dan mengelola usaha pemasaran
2.    Mahasiswa mampu menjelaskan tentang peningkatan konsep  kinerja sector  public :  Apa yang diinginkan masyarakat terhadap sector public,  peran pemasaran sosial
2.1.    Memahami Pola piker pemasaran : Fokus yang terpusat pada pelanggan,  segmentasi pasar,  identifikasi pesaing,  alat pemasaran,  memantau pemasaran
2.2.    Menerapkan alat pemasaran :  produk,  harga, tempat,  Promosi.
2.3.    Meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan : Pelayanan pelanggan, manfaat kepuasan pelanggan, praktek mendukung kepuasan pelanggan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar