KONTRAK
PERKULIAHAN
Nama Matakuliah : METODOLOGI PENELITIAN
Kode Matakuliah : MKD5214
Semester : II
Bobot SKS : 2 SKS
Dosen Pengampu : SUTARMO,SE.,
M.Pd.
PROGRAM STUDI KESEHATAN
MASYARAKAT
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN
NUSANTARA SUKOHARJ0
2011/2012
KONTRAK
PERKULIAHAN
1. Identitas Perguruan Tinggi
a. Perguruan Tinggi : Universitas Veteran Bangun
Nusanatara Sukoharjo
b. Fakultas : Kesehatan Masyarakat
c. Program Studi
: Kesehatan Masyarakat
2. Identitas
Matakuliah
a. Nama Matakuliah : Metodologi Penelitian
b. Kode Matakuliah :
MKD5214
c. Semester : II
d. Bobot SKS :
2 SKS
e. Dosen Pengampu :
Sutarmo,SE.,MPd.
3. Matakuliah Prasyarat :
4. a. Status
Matakuliah :
MATA KULIAH
KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)
b. Sifat Mata kuliah :
Teori
5. Kompetensi yang dicapai
a. Kompetensi:
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan mampu menjelaskan kembali tentang cara-cara memperoleh pengetahuan, pengertian
penelitian,kreteria metode ilmiah, ragam penelitian kesehatan, tahapan
penelitian, menyusun out line proposal dan skripsi.
b. Indikator:
1)
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan
cara-cara memperoleh ilmu pengetahuan
2)
Mahasiswa dapat
menjelaskan pengertian
peneltian
3) Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian
dan kreteria metode ilmiah
4) Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
5)
Mahasiswa mengerti
dan mampu menjelaskan ragam penelitian kesehatan
6)
Mahasiswa mengerti dan dapat menjelaskan tahapan
penelitian
7)
Mahasiswa dapat
mengerti dan mampu menjelaskan perumusan judul
8) Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan perumusan masalah
9) Mahasiswa dapat mengerti dan
mampu menjelaskan
tujuan penelitian
10) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan ruang
lingkup penelitian
11) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
manfaaat penelitian
12)
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan studi
pustaka
13)
Mahasiswa dapat
mengerti dan mampu menjelaskan kerangka teori
14)
Mahasiswa dapat mengerti
dan mampu menjelaskan kerangka konsep
15) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan,
menyusun hipotesis penelitian
16) Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan metodologi
penelitian
17).Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan jenis penelitian
18)
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan pupulasi dan sample
19) Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan variabel
penelitian
20) Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan
definisi operasional
21) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
data dan sumber data
22)
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan Teknik pengumpulan data
23)
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
instrumen penelitian
24)
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan uji
instrumen penelitian
25)
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan pengolahan dan analisis data
26) Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan hasil penelitian
27) Mahasiswa
dapat mengerti dan mampu menjelaskan pembahasan
hasil penelitian
28) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu
menjelaskan kesimpulan
hasil penelitian
|
29)
Mahasiswa dapat
mengerti dan mampu menjelaskan serta menyususun saran hasil penelitian
30)
Mahasiswa
dapat menjelaskan mengerti dan menjelaskan, menyusun daftar pustaka
31)
Mahasiswa dapat menjelaskan dan menyusun lampiran penelitian
6. Deskripsi Matakuliah:
Mata kulian ini membahas tentang Penelitian dalam pembangunan dan
pengembangan ilmu pengetahuan, langkah-langkah rancangan penellitian,
model-model rancangan penellitian. Teknik analisa dan pelaporan data hasil
penelitian.
7. Pendekatan Pembelajaran: a. Ceramah
b. Diskusi
c. Tanya Jawab
8. Media Pembelajaran : a. Buku Sumber
b. LCD
c. Internet
10. Asesmen :
- Ujian Sisipan (30%)
- Ujian Utama (30%)
- Tugas Terstruktur (15%)
11. Tugas-tugas
Mahasiswa
a. Menyusun latar belakang dan judul penelitian
b. Menyusun tujuan penelitian, dan manfaat serta ruang
lingkup penelitian
c. Menyusun proposal
penelitian
12. Daftar Rujukan
- Brannen, Yulia. 1997. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
- Masyhuri dan Zainuddin. 2008. Metodologi Penelitian.
Bandung : PT Refika Aditama
c.
Lexy Moleong. 2001. Metodologi Penelitian
kualitatif. Bandung : Rosdakarya
- Nazir, Muhammad.1988. Metode Penelitian.
Jakarta : Ghalia Indonesia
e.
Noeng Muhadjir. 1996. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Yogyakarta : Rake Sarasin
f.
Notoatmodjo,
Soekidjo, 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta
g.
Sutopo,
HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press
- Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
13. Rincian Kegiatan
Pertemuan
ke-
|
Indikator
|
Substansi Kajian
|
Metode Pembelajaran
|
Rujukan
|
1.2 dan 3
|
·
menjelaskan pengertian peneltian
·
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian dan kreteria metode ilmiah
·
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
langkah-langkah metode ilmiah
·
Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan ragam
penelitian kesehatan
|
Kajian tentang cara-cara memperoleh pengetahuan
Kajian Cara memperoleh pengetahuan ilmiah dan non
ilmiah
Pengertian penelitian sebagai bagian memperoleh
pengetahuan
Ragam penelitian dan penelitian kesehatan
Kajian tahapan penelitian
Struktur penulisan ilmiah
|
§
Ceramah
§
Tanya
Jawab
§
Diskusi
|
Silabus
MK
|
4, dan 5
|
o
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
perumusan masalah penelitian
·
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
serta merumuskan tujuan dan
manfaat penelitian
|
Lanjutan kajian struktur penulisan
ilmiah dan latar belakang masalah
Hakekat dan Konsep perumusan
masalah
Tujuan penulisan karya ilmiah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian
|
§
Ceramah
§
Tanya
Jawab
§
Diskusi
|
d.
3-34
g.
26-45
n.
1-31
|
6 dan 7
|
·
Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan
ruang lingkup dan orisinalitas penelitian
|
Substansi ruanglingkup penelitian
Substansi orisinalitas penelitian
Manfaat tinjauan pustaka
Cara menyusun tinjauan pustaka dan
kerangka teori
|
§
Ceramah
§
Tanya
Jawab
§
Diskusi
|
a. 128-147
|
8
|
·
UjiN TENGAH SEMESTER
|
|
§
|
|
9 DAN 10
|
§
Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan
pengertian prolog kerangka teori dan kerangka konsep
§ Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan serta
merumuskan hipotesis penelitian
§ Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan
metodologi penelitian
§ Mahasiswa
dapat mengerti dan menjelaskan jenis
penelitian
|
Lanjutan Konsep kerangka teori dan prolog
Pengertian dan hakekat hipotesis
Pengertian dan konsep
metodologi penelitian
Kajian berbagai
jenis penelitian
|
§
Ceramah
§
Tanya
Jawab
§
Diskusi
|
b.
71-85
o.
73-149
|
11 DAN 12
|
§
Mahasiswa
dapat memahami pengertian populasi dan
sampel
§
Mahasiswa
dapat memahami teknik sampling
|
Pengertian
dan teori populasi
Konsep dan rumus sample serta teknik sampling
|
§
Ceramah
§
Tanya
Jawab Diskusi
|
d.
37-62
l.
124-155
|
13, 14, DAN 15
|
§
Mahasiswa
dapat memahami pengertian variabel
penelitian
§
Mahasiswa
dapat memahami pengertian definisi
operasional, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, instrumen
penelitian serta pengolahan dan analisis data
§
Mahasiswa
dapat memahami dan mengerti
hasil dan pembahasan penelitian
§
Mahasiswa dapat mengerti dan menyusun kesimpulan dan
saran penelitian
§
Mahasiswa dapat mengerti dan menyusun daftar pustaka
dan lampiran hasil penelitian
|
Konsep dan jenis variabel penelitian
Konsep definisi operasional, sumber data, teknik
pengumpulan data
Instrumen
penelitian dan uji instrumen
Teknik analisis data
Substansi hasil dan pembahasan hasil penelitian
Kesimpulan dan saran penelitian
Daftar pustaka dan lampiran hasil penelitian
|
§
Ceramah
§
Tanya
Jawab Diskusi
|
d.
63-102
|
16.
|
Ujian
akhir semester
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar