Kamis, 22 Desember 2011

Metode Penelitian


 






KONTRAK PERKULIAHAN





Nama Matakuliah      :        METODOLOGI PENELITIAN
Kode Matakuliah      :        MKD5214
Semester                     :        II
Bobot SKS                 :        2 SKS
Dosen Pengampu      :        SUTARMO,SE., M.Pd.









PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJ0
2011/2012

KONTRAK PERKULIAHAN

1.  Identitas Perguruan Tinggi
     a. Perguruan Tinggi            : Universitas Veteran Bangun Nusanatara Sukoharjo
     b. Fakultas                             :    Kesehatan Masyarakat
     c. Program Studi                   :    Kesehatan Masyarakat

2. Identitas Matakuliah
    a. Nama Matakuliah                    :     Metodologi Penelitian
    b. Kode Matakuliah                     :     MKD5214
    c. Semester                                   :     II
    d. Bobot SKS                                :    2 SKS
    e. Dosen Pengampu                   :    Sutarmo,SE.,MPd.

3. Matakuliah Prasyarat                :

4. a. Status Matakuliah                :
                                                               MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETRAMPILAN (MKK)

    b. Sifat Mata kuliah                      : Teori

5. Kompetensi yang dicapai
    a. Kompetensi:
Mahasiswa dapat mengetahui, memahami, menguasai, dan  mampu menjelaskan kembali  tentang cara-cara memperoleh pengetahuan, pengertian penelitian,kreteria metode ilmiah, ragam penelitian kesehatan, tahapan penelitian, menyusun out line proposal dan skripsi.
    b. Indikator:

1)    Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan cara-cara memperoleh ilmu pengetahuan
2)   Mahasiswa     dapat   menjelaskan pengertian peneltian
3)   Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian  dan kreteria metode ilmiah
4)   Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
5)     Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan ragam penelitian kesehatan
6)    Mahasiswa mengerti dan dapat menjelaskan tahapan penelitian
7)     Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan perumusan judul
8)     Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan perumusan masalah
9)     Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan tujuan penelitian
10)   Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan ruang lingkup penelitian
11)   Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan manfaaat penelitian
12) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan studi pustaka
13)   Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan kerangka teori
14)   Mahasiswa  dapat  mengerti dan mampu menjelaskan kerangka konsep

15)  Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan, menyusun hipotesis penelitian
16) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan  metodologi penelitian
17).Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan jenis penelitian
18) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan  pupulasi dan sample
19) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan  variabel penelitian
20) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan  definisi operasional
21)  Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan data dan sumber data
22) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan  Teknik pengumpulan data
23) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan instrumen penelitian
24) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan uji instrumen penelitian
25) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan   pengolahan dan analisis data
26) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan hasil penelitian
27) Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan  pembahasan hasil penelitian
28)  Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan kesimpulan hasil penelitian
29)  Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan serta menyususun saran hasil penelitian
30) Mahasiswa dapat menjelaskan mengerti dan menjelaskan, menyusun daftar pustaka
31) Mahasiswa dapat menjelaskan  dan menyusun lampiran penelitian           

6. Deskripsi Matakuliah:
Mata kulian ini membahas tentang Penelitian dalam pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan, langkah-langkah rancangan penellitian, model-model rancangan penellitian. Teknik analisa dan pelaporan data hasil penelitian.

7.  Pendekatan Pembelajaran: a. Ceramah
                                                     b. Diskusi
                                                     c. Tanya Jawab

8. Media Pembelajaran     :       a. Buku Sumber
                                                   b. LCD
                                                   c. Internet

10. Asesmen                                    :  
  1. Ujian Sisipan (30%)
  2. Ujian Utama (30%)
  3. Tugas Terstruktur (15%)
11. Tugas-tugas Mahasiswa
       a. Menyusun  latar belakang dan judul penelitian
       b. Menyusun  tujuan penelitian, dan manfaat serta ruang lingkup penelitian
       c. Menyusun proposal penelitian
      

12. Daftar Rujukan
  1. Brannen, Yulia. 1997. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.          Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  2.  Masyhuri dan Zainuddin. 2008.  Metodologi Penelitian.
Bandung : PT Refika Aditama
c.                     Lexy Moleong. 2001. Metodologi Penelitian      kualitatif.        Bandung : Rosdakarya
  1.  Nazir, Muhammad.1988. Metode Penelitian.
Jakarta : Ghalia Indonesia
e.                     Noeng Muhadjir. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif.        Yogyakarta : Rake Sarasin
f.                     Notoatmodjo, Soekidjo, 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan.       Jakarta : PT Rineka Cipta
g.                    Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif.      Surakarta : UNS Press
  1.  Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung :            Alfabeta



13. Rincian Kegiatan

Pertemuan
ke-
Indikator
Substansi Kajian
Metode Pembelajaran
Rujukan
1.2 dan 3
  • mahasiswa  mengetahui cara-cara memperoleh ilmu pengetahuan
·         menjelaskan pengertian peneltian
·         Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian  dan kreteria metode ilmiah
·         Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah
·         Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan ragam penelitian kesehatan
  • Mahasiswa mengerti dan dapat menjelaskan tahapan penelitian
  • Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan perumusan judul penelitian

Kajian  tentang cara-cara memperoleh pengetahuan

Kajian Cara memperoleh pengetahuan ilmiah dan non ilmiah
  
Pengertian penelitian sebagai bagian memperoleh pengetahuan


Ragam penelitian dan penelitian kesehatan


Kajian tahapan penelitian




Struktur penulisan ilmiah
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi
Silabus MK

 4, dan 5
o   Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan perumusan masalah penelitian

·         Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan serta merumuskan  tujuan dan manfaat penelitian

Lanjutan kajian struktur penulisan ilmiah dan latar belakang masalah

Hakekat dan Konsep perumusan masalah

Tujuan penulisan karya ilmiah,  tujuan penelitian dan manfaat penelitian
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi
d. 3-34
g. 26-45
n. 1-31
6 dan 7
·         Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan ruang lingkup dan orisinalitas penelitian
  • Mahasiswa dapat mengerti dan mampu menjelaskan tinjauan pustaka
  • Mahasiswa  dapat  mengerti dan mampu menjelaskan kerangka teori

Substansi ruanglingkup penelitian

Substansi orisinalitas penelitian



Manfaat  tinjauan pustaka

Cara menyusun tinjauan pustaka dan kerangka teori
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi
 a. 128-147
8
·         UjiN TENGAH SEMESTER

§   

9 DAN 10

§   Mahasiswa  dapat mengerti dan menjelaskan pengertian prolog kerangka teori dan kerangka konsep
§   Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan serta merumuskan hipotesis penelitian
§   Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan  metodologi penelitian
§  Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan  jenis penelitian



Lanjutan Konsep  kerangka teori dan prolog


 Pengertian dan  hakekat hipotesis

 Pengertian dan konsep metodologi penelitian

Kajian berbagai jenis penelitian
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Diskusi
b. 71-85
o. 73-149
11 DAN 12
§  Mahasiswa dapat memahami pengertian  populasi dan sampel
§  Mahasiswa dapat memahami  teknik sampling
Pengertian dan teori populasi

Konsep dan rumus sample serta teknik sampling
§  Ceramah
§  Tanya Jawab Diskusi
d. 37-62
l. 124-155
13, 14, DAN 15
§  Mahasiswa dapat memahami pengertian  variabel penelitian
§  Mahasiswa dapat memahami pengertian  definisi operasional, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian serta pengolahan dan analisis data
§  Mahasiswa dapat memahami  dan mengerti hasil dan pembahasan penelitian
§  Mahasiswa dapat mengerti dan menyusun kesimpulan dan saran penelitian
§  Mahasiswa dapat mengerti dan menyusun daftar pustaka dan lampiran hasil penelitian
Konsep dan jenis variabel penelitian

Konsep definisi operasional, sumber data, teknik pengumpulan data

Instrumen  penelitian dan uji instrumen


Teknik analisis data


Substansi hasil dan pembahasan hasil penelitian

Kesimpulan dan saran penelitian

Daftar pustaka dan lampiran hasil penelitian
§  Ceramah
§  Tanya Jawab Diskusi
d. 63-102
16.
Ujian akhir semester









Tidak ada komentar:

Posting Komentar