Rabu, 28 Desember 2011

Pengantar Kependudukan


PENGANTAR

             Sampai sekarang, terdapat  5 masalah pokok kependudukan yang dihadapi Indonesia,  yaitu jumlah penduduk   number of Population ) yang besar, laju pertumbuhan penduduk        ( population growth rate ) yang tinggi, pola persebaran dan kepadatan penduduk ( population distribution and density ) tidak merata, struktur umur penduduk ( population age structure ) muda dan kualitas penduduk ( quality of people ) yang belum tinggi.
           Berbagai program pembangunan telah dilancarkan untuk menanggulangi masalah-masalah kependudukan tersebut. Salah satu program yang diharapkan  dapat memberikan kontribusi besar dalam mengatasi masalah kependudukan yaitu program KB nasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1970.
           Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat ( FKM ) di Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo dituntut tidak sekedar memahami berbagai persoalan kependudukan dan bagaimana cara menanggulanginya. Tetapi juga diharapkan  mampu sebagai provider yang profesional khususnya dalam pelaksanaan program Kependudukan termasuk program KB nasional  guna mewujudkan keluarga berkualitas dan  keluarga sejahtera.
            Didorong keinginan  untuk mempermudah mahasiswa dalam  mengikuti  Mata Kuliah Kependudukan , maka  dengan segala keterbatasan, penulis mencoba menyusun Buku Pegangan ini. Materi yang di ketengahkan dalam buku ini telah disesuaikan dengan tujuan sintruksional yang telah dibakukan di FKM Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo.
             Terbitnya buku pegangan kuliah ini, tentu tidak terlepas dari dorongan dan bantuan berbagai pihak. Untuk itu  penulis mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada berbagai pihak yang telah membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam proses penyusunan buku ini.
            Semoga bermanfaat. Amien.

Sukoharjo,  Januari 2007


Penulis,

 

Sutarmo




PENDAHULUAN

Kerangka Pengajaran Mata Kuliah :
Kependudukan
Di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
Kode :                                                           Bobot :  2 SKS

A. Tujuan Instruksional  Umum
     Setelah mempelajari dan mengikuti mata kuliah ini  mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan program kependudukan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

B. Tujuan Instruksional Khusus
1.  Mahasiswa mampu menjelaskan tentang demografi dan kependudukan di Indonesia. Untuk memenuhi tujuan instrusional khusus ini, maka pokok bahasan dan sub pokok bahasannya meliputi :
1.1.   Aspek demografi dengan sub pokok  bahasan tentang sumber data penduduk,  jumlah dan pertumbuhan penduduk terutama masalah fertilitas, mortalitas dan migrasi serta statistik data kependudukan.
1.2.   Kepadatan, persebaran dan struktur penduduk dengan sub pokok bahasan tentang kepadatan dan persebaran penduduk, struktur  atau komposisi penduduk.
1.3.   Pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap kehidupan sosial dengan sub pokok bahasan tentang nilai-nilai sosial, keluarga dan perkawinan yang meliputi konsep keluarga, nilai perkawinan, usia perkawinan, peranan keluarga kecil dan perencanaan keluarga.
2.         Mahasiswa mampu menjelaskan tentang konsep program KB nasional  dengan pokok bahasan utama dan sub pokok bahasan  sebagai berikut :
2.1.   Latar belakang Program KB Nasional dengan sub pokok bahasan tentang jumlah penduduk, laju pertumbuhan penduduk, struktur umur, dan persebaran penduduk.
2.2.   Tujuan Program KB Nasional dengan sub pokok bahasan tentang  tujuan program KB nasiona dan sasaran langsung dan tidak langsung program KB nasional.
2.3.   Kebijakan dan strategi Program KB Nasional, dengan sub pokok bahasan utama tentang perluasan jangkauan, pembinaan, pelembagaan dan pembudayaan serta keterpaduan. Sub pokok bahasan strategi program KB nasional meliputi strategi dasar dan strategi operasional.
2.4.   Pelaksanaan Kegiatan dalam Program KB Nasional, dengan sub pokok bahasan utama tentang kegiatan KIE,  Pelayanan Kontrasepsi dan pengayoman peserta KB, Pembangunan Keluarga Sejahtera, Peran serta Masyarakat dan pemerintah serta pendidikan Keluarga Berencana.
2.5.   Tujuan dan Kebijaksanaan Pembangunan Keluarga Sejahtera dengan sub pokok bahasan utama tentang Pendewasaan Usia Kawin, Pengaturan Kelahiran, Pembinaan Ketahanan Keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga serta pokok-pokok kegiatan pembangunan keluarga sejahtera.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar